Tugas 1 - Rayya Malaeka Brilliantina kelas VIII B no. 27
Bab 1 –
Informatika dan Pembelajarannya
Pengertian
Informatika: Informatika adalah ilmu yang mempelajari tentang penggunaan
komputer untuk mengatur dan menganalisis data yang berukuran besar. Hasil
analisa itulah yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari.
A.
Informatika
dan Profil Pelajar Pancasila
a.
Definisi
dan rumusan Profil Pelajar Pancasila
Rumusan
Profil Pelajar Pancasila adalah “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang
hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.”
Profil Pelajar Pancasila juga memiliki enam dimensi:
1)
Beriman
dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia
2)
Berkebinekaan
global
3)
Bergotong
royong
4)
Mandiri
5)
Bernalar
kritis
6)
Kreatif
Selain
mempermudah kehidupan sehari-hari, Informatika akan membantu untuk menyiapkan
diri sebagai warga dunia digital, yaitu dunia maya melalui internet. Berkomunikasi
di internet perlu menggunakan sikap-sikap baik, dan sikap-sikap baik tersebut
dapat diimplementasikan di kehidupan sehari-hari sebagai Pelajar Pancasila.
B.
Cara
Belajar Informatika
Belajar
Informatika juga tidak hanya sekadar memakai perangkat TIK atau gadget, gawai
atau perangkat komputer. Berikut adalah lima hal utama yang menjadi keunikan
cara belajar Informatika.
a.
Materi
tentang Konsep Informatika
1)
Menyimak
dan mempelajari terlebih dahulu mengenai materi yang dibahas dari bacaan atau
media lain, lalu melakukan aktivitas untuk mempraktikkannya.
2)
Belajar
mandiri dengan cara mengeksplorasi dan beraktivitas terlebih dahulu, dengan
harapan bahwa langkah kegiatan yang dilakukan akan menuntun untuk memahami
materi.
b.
Belajar
Lewat Kasus-Kasus Nyata
Konsep
yang dijelaskan disajikan dalam bentuk kasus nyata terkait kehidupan
sehari-hari. Sebuah kasus hanya mewakili satu kejadian dalam banyak kejadian
yang sejenis. Kesamaan “pola” yang melatar belakangi suatu kasus tersebut dapat
membantu menyelesaikan kasus sejenis dengan mudah.
c.
Aktivitas
yang Dirancang pada Setiap Bab
Mengerjakan
tugas yang dirancang buku Informatika untuk setiap bab secara bertahap, langkah
demi langkah secara saksama dan tidak terburu-buru. Tugas-tugas tersebutlah
yang menuntun untuk mengalami, melakukan refleksi, memaknai dan merajut konsep
informatika utuh berdasarkan elemen-elemen Informatika yang menjadi fokus.
d.
Pentingnya
Refleksi, Memaknai, dan Mengoneksikan Pengalaman
Setelah
mempelajari materi-materi yang diberikan, pengendapan materi dilakukan untuk
mengoneksikan materi Informatika dengan materi di luar pelajaran dan kehidupan
sehari-hari. Dapat dilakukan melalui ulasan kembali materi yang dipelajari,
menjawab pertanyaan terkait, dll.
e.
Pentingnya
Minat dan Motivasi
Belajar
itu menyenangkan jika berminat terhadap apa yang dipelajari. Untuk itu, penting
belajar Informatika agar dapat tidak sekadar menjadi penggunanya, tetapi juga
ikut menciptakan artefak komputasional, perangkat keras, perangkat lunak, dan karya
TIK kreatif buatan bangsa Indonesia lain.
C.
Kilas
Balik Mata Pelajaran Informatika Kelas VII
b.
Bab
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK): belajar mengenai pembuatan karya
digital, berkomunikasi via surel, menggunakan peramban untuk mencari informasi,
mengelola file dalam folder.
c.
Bab
Sistem Komputer (SK): belajar mengenai definisi komputer, komputasi dan sistem
komputasi, bagian-bagian utama komputer dan fungsinya, interaksi perangkat
keras dan perangkat lunak.
d.
Bab
Jaringan Komputer dan Internet (JKI): belajar mengenai pengantar jaringan
komputer dan internet, proteksi data dan file, dan koneksi internet.
e.
Bab
Analisis Data (AD): belajar tentang pengelolaan dan penyajian data, praktisnya
mengolah dan memvisualisasi data dengan menggunakan aplikasi.
f.
Bab
Algoritma dan Pemrograman (AP): belajar membuat karya kreatif yang diprogram,
dengan menyusun dan merangkai blok visual. Program tersebut dapat dijalankan
sesuai urutan perintah programnya sehingga bisa menjadi karya interaktif.
g.
Bab
Dampak Sosial Informatika (DSI): belajar mengenai sejarah perkembangan,
peranan, dan dampak positif maupun negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi
dalam kehidupan sehari-hari.
h.
Bab
Praktik Lintas Bidang (PLB): belajar bekerja sama untuk membuat karya dan
mencoba menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian pelajari pada
bab-bab lain.
D.
Apa
yang akan Dipelajari di Kelas VIII?
a.
Bab
Berpikir Komputasional (BK): belajar mengenai fungsi, algoritma dengan kasus
yang lebih kompleks, representasi data (khususnya mengenai himpunan, logika,
dan representasi bilangan), dan struktur data stack (tumpukan).
b.
Bab
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK): belajar memanfaatkan aplikasi
pengolah kata, pengolah lembar kerja dan presentasi untuk mengintegrasikan
konten setiap aplikasi, menghasilkan dokumen yang lebih kompleks.
c.
Bab
Sistem Komputer (SK): belajar mengenai fungsi sistem komputer, gerbang logika
pada CPU, dan pengalamatan memori.
d.
Bab
Jaringan Komputer dan Internet (JKI): belajar mengenai teknologi komunikasi
pada telepon seluler, jaringan lokal dan internet, proteksi data di internet,
serta routing pada jaringan komputer.
e.
Bab
Analisis Data (AD): belajar mengenai pengelolaan data, pencarian data,
peringkasan data, dan visualisasi data.
f.
Bab
Algoritma dan Pemrograman (AP): belajar pemrograman menggunakan dua bahasa
pemrograman visual, yaitu Scratch dan Blockly.
g.
Bab
Dampak Sosial Informatika (DSI): belajar mengenai media sosial, cyberbullying,
pengkajian informasi secara kritis.
h.
Bab
Praktik Lintas Bidang (PLB): belajar bekerja sama dalam kelompok, bergotong
royong untuk membuat karya dan mencoba menyelesaikan masalah
Dengan
semua materi tersebut, guru berharap semua murid dapat menguasai semua
aspek-aspek Informatika dan penggunaan internet untuk belajar.
Video pembelajaran Bab 1: https://youtu.be/vfIbUAhRd1o
Komentar
Posting Komentar