Tugas 1 - Rayya Malaeka Brilliantina kelas VIII B no. 27

 

Bab 1 – Informatika dan Pembelajarannya

 

Pengertian Informatika: Informatika adalah ilmu yang mempelajari tentang penggunaan komputer untuk mengatur dan menganalisis data yang berukuran besar. Hasil analisa itulah yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

 

A.     Informatika dan Profil Pelajar Pancasila

a.       Definisi dan rumusan Profil Pelajar Pancasila

Rumusan Profil Pelajar Pancasila adalah “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.” Profil Pelajar Pancasila juga memiliki enam dimensi:

1)      Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia

2)      Berkebinekaan global

3)      Bergotong royong

4)      Mandiri

5)      Bernalar kritis 

6)      Kreatif

Selain mempermudah kehidupan sehari-hari, Informatika akan membantu untuk menyiapkan diri sebagai warga dunia digital, yaitu dunia maya melalui internet. Berkomunikasi di internet perlu menggunakan sikap-sikap baik, dan sikap-sikap baik tersebut dapat diimplementasikan di kehidupan sehari-hari sebagai Pelajar Pancasila.

 

B.      Cara Belajar Informatika

Belajar Informatika juga tidak hanya sekadar memakai perangkat TIK atau gadget, gawai atau perangkat komputer. Berikut adalah lima hal utama yang menjadi keunikan cara belajar Informatika.

a.       Materi tentang Konsep Informatika

1)      Menyimak dan mempelajari terlebih dahulu mengenai materi yang dibahas dari bacaan atau media lain, lalu melakukan aktivitas untuk mempraktikkannya.

2)      Belajar mandiri dengan cara mengeksplorasi dan beraktivitas terlebih dahulu, dengan harapan bahwa langkah kegiatan yang dilakukan akan menuntun untuk memahami materi.

 

b.       Belajar Lewat Kasus-Kasus Nyata

Konsep yang dijelaskan disajikan dalam bentuk kasus nyata terkait kehidupan sehari-hari. Sebuah kasus hanya mewakili satu kejadian dalam banyak kejadian yang sejenis. Kesamaan “pola” yang melatar belakangi suatu kasus tersebut dapat membantu menyelesaikan kasus sejenis dengan mudah.

 

c.       Aktivitas yang Dirancang pada Setiap Bab

Mengerjakan tugas yang dirancang buku Informatika untuk setiap bab secara bertahap, langkah demi langkah secara saksama dan tidak terburu-buru. Tugas-tugas tersebutlah yang menuntun untuk mengalami, melakukan refleksi, memaknai dan merajut konsep informatika utuh berdasarkan elemen-elemen Informatika yang menjadi fokus.

 

d.       Pentingnya Refleksi, Memaknai, dan Mengoneksikan Pengalaman

Setelah mempelajari materi-materi yang diberikan, pengendapan materi dilakukan untuk mengoneksikan materi Informatika dengan materi di luar pelajaran dan kehidupan sehari-hari. Dapat dilakukan melalui ulasan kembali materi yang dipelajari, menjawab pertanyaan terkait, dll.

 

e.       Pentingnya Minat dan Motivasi

Belajar itu menyenangkan jika berminat terhadap apa yang dipelajari. Untuk itu, penting belajar Informatika agar dapat tidak sekadar menjadi penggunanya, tetapi juga ikut menciptakan artefak komputasional, perangkat keras, perangkat lunak, dan karya TIK kreatif buatan bangsa Indonesia lain.

 

C.      Kilas Balik Mata Pelajaran Informatika Kelas VII

a.       Bab Berpikir Komputasional (BK): belajar menyelesaikan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan aspek Informatika seperti optimasi penjadwalan, struktur data list, dan representasi data.

 

b.       Bab Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK): belajar mengenai pembuatan karya digital, berkomunikasi via surel, menggunakan peramban untuk mencari informasi, mengelola file dalam folder.

 

c.       Bab Sistem Komputer (SK): belajar mengenai definisi komputer, komputasi dan sistem komputasi, bagian-bagian utama komputer dan fungsinya, interaksi perangkat keras dan perangkat lunak.

 

d.       Bab Jaringan Komputer dan Internet (JKI): belajar mengenai pengantar jaringan komputer dan internet, proteksi data dan file, dan koneksi internet.

 

e.       Bab Analisis Data (AD): belajar tentang pengelolaan dan penyajian data, praktisnya mengolah dan memvisualisasi data dengan menggunakan aplikasi.

 

f.        Bab Algoritma dan Pemrograman (AP): belajar membuat karya kreatif yang diprogram, dengan menyusun dan merangkai blok visual. Program tersebut dapat dijalankan sesuai urutan perintah programnya sehingga bisa menjadi karya interaktif.

 

g.       Bab Dampak Sosial Informatika (DSI): belajar mengenai sejarah perkembangan, peranan, dan dampak positif maupun negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

 

h.       Bab Praktik Lintas Bidang (PLB): belajar bekerja sama untuk membuat karya dan mencoba menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian pelajari pada bab-bab lain.

 

 

D.     Apa yang akan Dipelajari di Kelas VIII?

a.       Bab Berpikir Komputasional (BK): belajar mengenai fungsi, algoritma dengan kasus yang lebih kompleks, representasi data (khususnya mengenai himpunan, logika, dan representasi bilangan), dan struktur data stack (tumpukan).

 

b.       Bab Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK): belajar memanfaatkan aplikasi pengolah kata, pengolah lembar kerja dan presentasi untuk mengintegrasikan konten setiap aplikasi, menghasilkan dokumen yang lebih kompleks.

 

c.       Bab Sistem Komputer (SK): belajar mengenai fungsi sistem komputer, gerbang logika pada CPU, dan pengalamatan memori.

 

d.       Bab Jaringan Komputer dan Internet (JKI): belajar mengenai teknologi komunikasi pada telepon seluler, jaringan lokal dan internet, proteksi data di internet, serta routing pada jaringan komputer.

 

e.       Bab Analisis Data (AD): belajar mengenai pengelolaan data, pencarian data, peringkasan data, dan visualisasi data.

 

f.        Bab Algoritma dan Pemrograman (AP): belajar pemrograman menggunakan dua bahasa pemrograman visual, yaitu Scratch dan Blockly.

 

g.       Bab Dampak Sosial Informatika (DSI): belajar mengenai media sosial, cyberbullying, pengkajian informasi secara kritis.

 

h.       Bab Praktik Lintas Bidang (PLB): belajar bekerja sama dalam kelompok, bergotong royong untuk membuat karya dan mencoba menyelesaikan masalah

 

 

Dengan semua materi tersebut, guru berharap semua murid dapat menguasai semua aspek-aspek Informatika dan penggunaan internet untuk belajar.


Video pembelajaran Bab 1: https://youtu.be/vfIbUAhRd1o

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Bab 9 Praktika Lintas Bidang - Rayya Malaeka 7B absen 26

Alasan Saya Bersekolah di SMP Labschool Jakarta

Rangkuman Bab 1